You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PSN di Pondok Ranggon Temukan Jentik Nyamuk
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

PSN di Pondok Ranggon Temukan Jentik Nyamuk

Kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, sejak sebulan ini sudah terbebas dari penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Di sini masih banyak pekarangan,  kalau ada sampah, tumpukan plastik harus bersihkan. Jangan biarkan nyamuk berkembang biak di rumah

Namun saat dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RW 06 pada Jumat (5/8), petugas juru pemantau jentik (Jumantik) menemukan jentik di satu rumah warga.

Petuga menemukan jentik di bak penampungan air milik Hasanudin (47), warga di RT 01. Bahkan, kondisi bak penampung air sudah berlumut.

PSN di RW 15 Semper Barat Tidak Maksimal

"Saya minta warga lebih giat lagi. Di sini masih banyak pekarangan,  kalau ada sampah, tumpukan plastik harus bersihkan. Jangan biarkan nyamuk berkembang biak di rumah, pekarangan atau tempat lainnya," kata Bambang.

Termasuk jika terdapat tanaman liar harus dibersihkan. Ia juga meminta agar jumantik bekerja tidak hanya demi mengejar mendapatkan upah. Namun yang harus dikejar adalah pencapaian kesehatan lingkungannya masing-masing. Kondisi wilayah yang angka DBD nol harus terus dipertahankan.

Sementara, Lurah Pondok Ranggon, Mahpuz MZ mengatakan, sejak bulan lalu angka DBD sudah nol. Ini berkat kerja keras jumantik dan peran serta warganya yang peduli kesehatan lingkungan.

Berdasarkan data 2016, pada Januari angka BDB di kelurahan ini 0. Kemudian Februari ada 2 kasus, Maret 11 kasus, April 4, Mei 5 kasus, Juni 4 kasus, Juli dan Agustus ini 0 kasus.

"Kami akan terus tingkatkan PSN dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk menggalakan PSN dan berperilaku hidup bersih dan sehat," tandas Mahpuz.

Untuk data di tingkat Kecamatan Cipayung daerah tertinggi DBD adalah Kelurahan Lubang Buaya sebanyak 152 kasus. Menyusul kelurahan Cipayung 65 kasus, Setu 52 kasus, Ceger 46 kasus, Bambu Apus 43, Cilangkap 35 kasus, Pondok Ranggon 26 kasus dan Munjul 17 kasus.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1165 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1161 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito